Assalamualaikum Wr. Wb.

Dear students,
Terhitung sejak minggu ini (7 Mei) sampai dengan dua minggu ke depan (23 Mei), saya berhalangan hadir ke kelas. Insya Allah saya menjadi salah satu dari lima orang pemuda Indonesia yang mengikuti MEP (Moslem Exchange Program) yang berlangsung selama dua minggu di Australia. Jika tidak ada halangan, mohon doanya, saya akan kembali dan tiba di Yogyakarta tanggal 25 Mei. Untuk pertemuan selanjutnya, akan saya umumkan sebelum tanggal 25 Mei tersebut via blog ini.

Mulai pertemuan selanjutnya, kuliah kita akan menggunakan sistem presentasi makalah kelompok. Pada pertemuan perdana, kelompok pertama bertugas menyajikan makalah. Pertemuan setelahnya kelompok kedua dan begitu seterusnya. Berikut ini pembagian tema untuk dipersiapkan oleh masing-masing kelompok.

Group 1 : Jurisprudence of zakat [definition of zakat, differences between zakat and sadakah, compulsory requirements (syarat wajib), benefits behind zakat, types of zakat]
Group 2 : Zakat fithri, Zakat of food grains (al-tsimar), zakat of quadrupeds
Group 3 : Zakat of gold and silver, zakat of profession, zakat of trade
Group 4 : Jurisprudence of Marriage (Fiqh al-Nikah)
Group 5 : Jurisprudence of Divorce (Talak, Rujuk, Khulu’, Faskh).
Group 6: Jurisprudence of inheritance

Kriteria makalah:
1. Minimal 7 halaman + cover
2. Font Times New Roman, spasi 1.5.
3. Ditulis dalam bahasa Inggris
4. Mencantumkan sumber (footnote dan daftar pustaka)

Jika ada hal yang masih belum dipahami, silahkan mengajukan pertanyaan ke alamat email saya: m.rofiqmz@yahoo.com atau muhammadrofiq@umy.ac.id. Insya Allah akan saya jawab.

Selamat mengerjakan!